No Katalog : -
No Publikasi : -
ISSN/ISBN : -
Tanggal Rilis :2025-08-15
downloadMetode pembelajaran merupakan hal penting dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Guru sering menggunakan metode pembelajaran yang menoton. Sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran termasuk pembelajaran maharah istima’, guru hanya menggunakan metode yang berpusat pada guru seperti ceramah dan tanya jawab dan kurang melibatkan siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menambah variasi metode yang efektif dalam pembelajaran bahasa Arab agar siswa semangat dalam pembelajaran dan mendapat hasil yang lebih baik. Salah satu metode tersebut adalah thariqah al- istijabah al-jasadiyah al-kamilah (TIJK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen (pre-test and post-test with non-equivalent control-group design) dan bertujuan untuk mengetahui efektivitas TIJK pada pembelajaran maharah istima’ di kelas VIII MTsN 8 HSS. Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII MTsN 8 HSS dengan sampel kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 33 orang. Dari hasil analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa TIJK efektif pada pembelajaran maharah istima’ di kelas VIII MTsN 8 HSS. Dibuktikan dengan nilai signifikansi uji t adalah 0,001 dan < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa thariqah al-istijabah al-jasadiyah al-kamilah efektif pada pembelajaran maharah istima’ di kelas VIII MTsN 8 Hulu Sungai Selatan.
No Katalog : -
No Publikasi : -
ISSN/ISBN : -
Tanggal Rilis :2025-08-14
downloadPenelitian ini dilatarbelakangi dengan penerapan pembiayaan di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Syariah Sewarga Kandangan menggunakan akad Ijarah Mutahiyah Bi Tamlik (IMBT). Namun, diakhir masa sewa tanpa melakukan opsi pemindahan kepemilikan, karena sudah disepakati diawal perjanjian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan akad Ijarah Muntahiyah Bi Tamlik yang di terapkan Koperasi Pegawai Republik Indonesia Syariah Sewarga Kandangan berdasarkam Fatwa DSN-MUI No. 27 Tahun 2002 tentang akad Ijarah Muntahiyah Bi Tamlik.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Subjek penelitian ini adalah Ketua Pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia Syariah Sewarga Kandangan dan objek penelitian ini adalah praktik pembiayaan Ijarah Muntahiyah Bi Tamlik (IMBT) di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Syariah Sewarga Kandangan.Hasil penelitian ini menunjukkan pembiayaan syariah di Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Syariah Sewarga Kandangan ditinjau dari syarat dan rukunnya secara keseluruhan sudah terpenuhi. Namun dalam pelaksanaan nya, anggota hanya melakukan akad Ijarah saja, sedangkan akad hibah (pemindahan kepemilikan) disepakati diawal perjanjian, hal tersebut dapat menimbulkan akad Ijarah Muntahiyah Bi Tamlik yang belum sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No. 27/DSN-MUI/III/2002, dimana jika ingin melaksanakan perjanjian perpindahan kepemilikan tersebut maka akad pemindahan kepemilikan objek ijarah harus dilakukan setelah masa sewa (Ijarah) berakhir.
No Katalog : -
No Publikasi : -
ISSN/ISBN : -
Tanggal Rilis :2025-08-14
downloadFenomena santri baru di pondok pesantren Dalam Pagar yang bertanya-tanya tentang bagaimana seharusnya salat yang benar dengan begitu banyaknya perilaku salat yang berbeda-beda yang mereka lihat ketika berada di pondok pesantren, padahal salat adalah pondasi utama bagi seorang muslim dalam ibadahnya kepada Allah Ta’ala utamanya bagi seorang santri. Hal itulah yang menjadi masalah dalam penelitian ini. Bagaimana pembelajaran kitab Safinatun Najah bisa menjadi jawaban bagi mereka terhadap pertanyaan-pertanyaan seputar ibadah salat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa ada relevansi antara pembelajaran kitab Safinatun Najah dan perilaku ibadah salat santri, dari yang sebelumnya tidak mereka fahami. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dan Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data.Hasil penelitian menunjukkan adanya hasil yang signifikan dari pembelajaran kitab Safinatun Najah dengan ibadah salat santri di Pondok Pesantren Dalam Pagar Kandangan, hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara, dan observasi. Banyak responden yang berpendapat bahwa pembelajaran kitab Safinatun Najah memberikan dampak bagi ibadah salat mereka menjadi lebih baik setelah proses pembelajarannya.
No Katalog : -
No Publikasi : -
ISSN/ISBN : -
Tanggal Rilis :2025-08-14
downloadImplementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan suatu aktivitas usaha berupa tindakan dan bimbingan yang dilakukan secara terencana yang mengarah pada terbentuknya kepribadian anak didik yang sesuai dengan norma-norma yang ditentukan oleh ajaran agama. Di SMP Negeri 3 Kandangan, implementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilakukan untuk mencegah kesenjangan pemahaman siswa akibat perbedaan latar belakang pendidikan agama di rumah, serta pengaruh perkembangan teknologi yang mengubah pola belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kandangan. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang mengajar di kelas VII.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 3 Kandangan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran mencakup analisis kebutuhan dan penetapan tujuan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui berbagai metode pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Dalam evaluasi pembelajaran dilakukan melalui berbagai metode, seperti tes tertulis, tugas proyek, serta observasi terhadap sikap dan perilaku siswa di dalam maupun di luar kelas.
No Katalog : -
No Publikasi : -
ISSN/ISBN : -
Tanggal Rilis :2025-08-14
downloadStrategi merupakan hal yang penting dalam keberhasilan sebuah pembelajaran yang disampaikan terutama dalam pembelajaran maharah istima’ pada pelajaran bahasa arab, diantara strategi yang sering digunakan para guru adalah bisik berantai maka sangat perlu bagi seorang guru untuk mengetahuinya, latar belakang ini lah yang menjadi dasar penelitian penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Strategi Bisik Berantai Dalam Pembelajaran Maharah Istima’ di Kelas VII MTs Izharussalam Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan faktor yang mempengaruhinya.Jenis penilitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru di MTs Izharussalam Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Objek penelitian ini yaitu Implementasi Strategi Bisik Berantai Dalam Pembelajaran Maharah Istima’ di Kelas VII MTs Izharussalam Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi bisik berantai pada pembelajaran maharah istima’ di MTs Izharussalam Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang di gunakan oleh guru bahasa arab cukup baik dan sesuai dengan teori yang disampaikan oleh para ahli, sehingga dapat dikatagorikan bahwa hasil implementasi strategi bisik berantai pada pembelajaran maharah istima’ dengan baik. Dan faktor yang mempengaruhi ada tiga yaitu guru, siswa dan sarana prasarana.